[HOAKS] - KUOTA INTERNET 100 GB GRATIS TANPA ISI ULANG KARENA PANDEMI COVID19

Share :        
Senin, 07 Sep 2020

DISINFORMASI

Beredar melalui aplikasi WhatsApp, informasi yang menyebutkan tentang cara mendapatkan kuota internet 100GB selama 60 hari gratis tanpa melakukan isi ulang karena pandemi Covid19 melalui situs https://internet.pesurl.com.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks dari laman kompas.com (5/4/2020),  ditemukan bahwa informasi yang tidak bertanggungjawab terkait virus Corona masih saja beredar di media sosial. Salah satunya adalah informasi tentang penambahan kuota gratis 100 GB yang diklaim berlaku untuk semua operator.

Dalam informasi tersebut terdapat kalimat persuasif, "Untuk melawan virus Corona, kami menawarkan Anda 100 GB koneksi internet gratis untuk tetap di rumah dengan selamat dan menikmati internet." Pesan tersebut juga mencantumkan tautan link dengan alamat situs yang meragukan, Alamat situs itu diklaim dapat mengaktifkan paket internet gratis tersebut. sejumlah operator seluler di Indonesia, dan memastikan bahwa pesan itu adalah hoaks.

"Bukan situs resmi itu, refer (merujuk) ke website, aplikasi resmi, atau social media kami saja," ujar perwakilan Indosat Ooredoo saat dihubungi.

Indosat Oredoo juga meluruskan bahwa pihaknya hanya memberikan kuota internet gratis 30 GB selama 30 hari untuk portal belajar online dan diskon 30 persen untuk beberapa paket internet. Kedua tawaran tersebut bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3 atau *123*369# atau*123*52#. 

Telkomsel pun demikian. Operator pelat merah tersebut juga membantah soal kuota data 100 GB itu.  "[Informasi itu] nggak ada, paket Telkomsel yang tersedia hanya ada di website resmi Telkomsel www.telkomsel.com ataupun yang tercantum pada Apps MyTelkomsel," ujar perwakilan Telkomsel lewat pesan instan. PerwakilanTelkomsel pun menjelaskan bahwa Telkomsel hanya memberikan akses kuota gratis 30 GB untuk penggunanya yang ingin mengakses aplikasi Ruangguru dan Ilmupedia. Pengguna Telkomsel bisa mengakses kuota tersebut dengan mengunduh aplikasi My Telkomsel atau melalui tautan berikut. Senada dengan Indosat dan Telkomsel, perwakilan XL juga membantah dan mengonfirmasi bahwa paket 100 GB tidak benar. 

"(Nggak ada), Yang 2 GB per hari, 60 GB per bulan," ujar General manager Corporate Communication PT XL Axiata, Tri Wahyuningsih. "Kuota ini adalah kuota gratis dari XL, nggak beli kok, pengguna cukup mengaktifkan lewat aplikasi dari XL," ujar Kuota gratis tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi belajar online, informasi covid-19 terkini seperti laman Kementerian Kesehatan atau covid19.go.id dan beberapa aplikasi Microsoft.  Kuota gratis tersebut dapat di-redeem tiap minggu melalui aplikasi myXL, my XL Postpaid, dan AXISnet atau melalui hotline covid-19 di 119, 112 dan 117. Untuk info lebih lanjut pengguna dapat mengklik tautan berikut. 

KESIMPULAN

Informasi tentang cara mendapatkan kuota internet 100GB gratis tanpa melakukan isi ulang karena pandemi Covid19 melalui situs https://internet.pesurl.com adalah tidak benar. Faktanya, seluruh provider telpon selular meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya isu kuota gratis dan memantau informasi melalui portal resmi perusahaan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber fakta:

1. https://tekno.kompas.com/read/2020/04/05/16524747/hoaks-kuota-data-gratis-100-gb-beredar-di-whatsapp?page=all

2. https://www.inikepri.com/life>

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4226438/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-kuota-internet-100-gb-gratis