[HOAKS] - VIRUS CORONA BISA MENYEBAR LEWAT ASAP ROKOK

Share :        
Jumat, 19 Feb 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial bahwa virus Corona bisa menyebar lewat asap rokok.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman cnnindonesia.com (12/07/2020) Windhu Purnomo, Ahli Epidemiologi Universitas Airlangga Surabaya, mengatakan asap rokok tidak menyebarkan virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19). Namun, seorang perokok yang terinfeksi Covid-19 resiko kematiannya lebih tinggi dibanding yang bukan perokok, sebab tanpa disadari asap rokok itu sudah merusak sebagian saluran pernapasan.

“Asap rokoknya sendiri tidak menyebabkan virus corona. Malah perokok tanpa mereka sadari sudah merusak sebagian saluran pernapasan, jadi artinya resiko untuk meninggal lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok,” ujar Windhu.

Windhu mengatakan, soal penularan virus corona Covid-19 lewat udara atau transmisi airborne, yang dimaksud Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah bukan ada di udara bebas, tetapi hasil dari keluarnya droplet (percikan liur). Droplet bisa keluar bersamaan dengan asap rokok yang dihembuskan perokok dan kemungkinan bisa menularkan Covid-19 ke orang lain.

Penyebaran Covid-19 lewat udara yang telah bercampur droplet tadi kebanyakan muncul di dalam ruangan tertutup, seperti bioskop. Windhu menilai sirkulasi udara di dalam bioskop tidak begitu baik karena memakai AC.  Molekul droplet yang lebih kecil akan melayang-melayang di udara dan dapat bertahan sampai 8 jam.

“Misal ada orang bersin dan kebetulan mungkin melepaskan masker, maka percikan droplet-nya tadi sebagian akan turun ke bawah namun molekul droplet yang lebih kecil di bawah 5 mikrometer itu akan melayang-melayang di udara,” jelas Windhu.

KESIMPULAN
Informasi bahwa virus Corona bisa menyebar lewat asap rokok, adalah tidak benar. Faktanya, penularan Covid-19 melalui transmisi airborne yang dimaksud oleh WHO adalah hasil dari keluarnya droplet bersamaan dengan asap rokok yang dihembuskan oleh perokok. Meskipun demikian, seorang perokok yang terinfeksi Covid-19 memiliki resiko kematian yang lebih tinggi karena tanpa disadari asap rokok sudah merusak sebagian saluran pernapasan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200710174536-199-523353/ahli-komentari-asap-rokok-dan-penularan-corona-via-udara
2. https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/22/190500465/bisakah-asap-rokok-menularkan-virus-corona-pada-perokok-pasif-?page=all
3. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZzoJpK-cek-fakta-asap-rokok-bisa-menyebarkan-covid-19-ini-faktanya
4. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5123727/asap-rokok-bisa-tularkan-virus-corona-ini-jawaban-pakar
5. https://www.republika.co.id/berita/qewijt463/covid19-bisa-tertular-dari-asap-rokok