[HOAKS] - VIDEO PERAWAT PINGSAN SETELAH MENDAPAT VAKSIN COVID-19

Share :        
Kamis, 07 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah video di media sosial seorang perawat di Catholic Health Initiatives (CHI) Memorial Hospital bernama Tiffany Dover pingsan setelah disuntik Vaksin Covid-19 dan klaim bahwa jika orang terus menggunakan vaksin itu akan menjadi "genosida massal". 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari reuters.com (19/12/2020) diketahui bahwa perawat dalam video tersebut mengonfirmasi bahwa dirinya memiliki kondisi medis dimana ia sering pingsan saat merasakan sakit. 

Tiffany Dover, manajer perawat dari Catholic Health Initiatives (CHI) Memorial Hospital di Chattanooga, Tennessee pingsan setelah menerima vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 seperti yang terlihat dalam video ini oleh outlet berita lokal WTVC-TV NewsChannel 9 dan WRCBtv 3.

Setelah sembuh, dia mengatakan kepada WTVC-TV NewsChannel 9, “Tiba-tiba saya tersadar, saya bisa merasakannya. Saya merasa sedikit bingung tetapi saya merasa baik-baik saja sekarang, dan rasa sakit di lengan saya hilang".

Selain itu, beberapa akun penangkal hoaks dan media berita telah mengklarifikasi informasi tersebut sebagai informasi hoaks. Salah satunya dalam akun Instagram lawancovid19_id (23/12/2020), diinformasikan bahwa Tiffany Dover memiliki riwayat Respons Vagal yang reaktif dan bukan dikarenakan vaksin COVID-19.

Respons vagal adalah respon tubuh saat saraf vagus pada otak terstimulasi faktor tertentu (misalnya cuaca panas, rasa sakit, obat, dll) yang akibatkan penurunan denyut jantung, tekanan darah hingga dapat sebabkan pingsan pada beberapa individu.

KESIMPULAN

Informasi tentang video perawat pingsan setelah mendapat vaksin Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, perawat tersebut memiliki riwayat Respons Vagal yang reaktif yang dapat menyebabkan pingsan jika mengalami rasa sakit akibat penurunan denyut jantung dan tekanan darah sehingga bukan dikarenakan vaksin COVID-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-vaccine-genocide/fact-check-nurse-fainting-after-covid-19-vaccine-not-evidence-of-potential-mass-genocide-idUSKBN28S2F5

2. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-video-perawat-pingsan-setelah-mendapat-vaksin-covid-19-potensi-genosida-massal
3. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5303737/viral-video-perawat-as-pingsan-setelah-disuntik-vaksin-ini-faktanya
4. https://m.liputan6.com/health/read/4438605/fakta-di-balik-video-viral-perawat-pingsan-usai-suntik-vaksin-covid-19

5. https://www.instagram.com/p/CJJBca_Aq_I/?igshid=122yr6a2537t6