[HOAKS] - VAKSINASI LANSIA 1000 ORANG PER HARI DI KANTOR PPSDMK KEMENTERIAN KESEHATAN

Share :        
Selasa, 02 Mar 2021

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp yang menginformasikan tentang vaksinasi lansia di kantor Badan PPSDMK Kemkes, Jl. H. Jebat, mulai tanggal 1 Maret dengan jatah 1000 orang/ hari. Peserta cukup membawa KTP dan juga menerima KTP non DKI.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil koordinasi Tim Jalahoaks dengan Kementerian Kesehatan RI (02/03/2021), diperoleh informasi bahwa pesan tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Saat ini memang sedang berlangsung vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 dengan prioritas sasaran Lansia (usia >60 tahun) ber-KTP DKI Jakarta, namun bagi para lansia yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 diminta untuk terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id.

Setelah melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya yakni menunggu pesan notifikasi dari Puskesmas/ RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi. Dengan hadir vaksinasi sesuai dengan lokasi fasilitas kesehatan dan jadwal yang telah ditentukan, para lansia diharapkan dapat terhindar dari kerumunan.

KESIMPULAN
Informasi tentang vaksinasi lansia di kantor Badan PPSDMK Kemkes, Jl. H. Jebat, mulai tanggal 1 Maret dengan jatah 1000 orang/ hari, adalah tidak benar. Faktanya, para lansia yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 diminta untuk terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id dan menunggu pesan notifikasi dari Puskesmas/ RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta
1.    Kementerian Kesehatan Republik Indonesia