[HOAKS] - VAKSIN SINOVAC MEMBERI EFEK SAMPING PEMBESARAN ALAT KELAMIN

Share :        
Kamis, 07 Jan 2021

DISINFORMASI
Beredar tangkapan layar dari potongan berita sebuah surat kabar yang menuliskan bahwa dalam sebuah jurnal terbitan Inggris, vaksin Sinovac disebut memberi efek samping pembesaran alat kelamin.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam health.grid.id (07/01/2021) bahwa dalam menanggapi informasi vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Probolinggo, dr Abraar HS Kuddah, meminta warga untuk tidak mudah percaya informasi seperti itu.

"Kabar seperti itu tidak benar, karena belum ada warga yang divaksin di Indonesia sehingga terdampak. Warga jangan mudah percaya dengan informasi tentang efek samping vaksin Covid-19 yang bertebaran," ujarnya.

Abraar menjelaskan jika vaksin itu tidak menyembuhkan, tetapi memberi kekebalan tubuh.

"Seandainya vaksin yang dimaksud berbahaya dan berefek buruk, maka nakeslah yang pertama kali terkena dampaknya. Saya yakin enggak ada satupun negara di dunia ini yang akan melumpuhkan nakes," tegasnya.

Selain itu, informasi serupa tentang vaksin Covid-19 dapat memperbesar alat kelamin pria juga telah beredar di media sosial dan telah diklarifikasi dalam situs pemeriksa fakta pesacheck.org (14/12/2020) bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Informasi bermula dari unggahan di Facebook yang memuat tangkapan layar sebuah siaran langsung dengan judul "Breaking news, covid vaccine enlarges penis!" namun dalam tangkapan layar tidak disebutkan vaksin Covid-19 mana yang dimaksud atau menunjukkan studi yang dikutip.

Belakangan diketahui bahwa tanggapan layar yang beredar tersebut dibuat melalui generator meme "Breaks Your Own News," yakni sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat meme dengan format "breaking news" yang kemudian dapat dibagikan di situs media sosial dengan tujuan parodi.

KESIMPULAN
Informasi bahwa vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin, adalah tidak benar. Faktanya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Probolinggo telah membantah informasi tersebut dan meminta warga untuk tidak mudah percaya informasi seperti itu.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://pesacheck.org/false-this-image-of-a-television-broadcast-claiming-that-the-covid-19-vaccine-enlarges-ones-3ed1371bd32
2. https://health.grid.id/read/352500053/usai-disuntik-vaksin-sinovac-pria-ungkap-alat-vital-memanjang-3-inchi-benarkah?page=all
3. https://www.antaranews.com/berita/1929248/hoaks-vaksin-covid-19-memperbesar-penis
4. https://republika.co.id/berita/qmh1l1440/vaksin-covid19-bisa-memperbesar-penis