[HOAKS] - UNDANGAN RAKERNAS PENINGKATAN KINERJA TENAGA KESEHATAN MENGATASNAMAKAN KADIS KESEHATAN PROVINSI DKI JAKARTA

Share :        
Selasa, 12 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp berisi undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan dari Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan RI yang mengatasnamakan dr. Widyastuti, MKM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa Rakernas akan dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 20 Januari 2021 di Hotel Aryaduta Makassar, biaya transportasi dan akomodasi peserta akan ditanggung oleh panitia penyelenggara Ditjen Yankes Kemenkes sebesar Rp 8.000.000,-. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi Ketua Panitia Penyelenggara, dr. Suprapto, MH. Kes., PH.D di nomor handphone 081222881124.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta (12/01/2021), diperoleh informasi bahwa pesan tersebut adalah tidak benar.

Selain itu, juga dijelaskan bahwa pihak Dinkes tidak mengadakan kegiatan seperti yang dituliskan pada pesan tersebut. Pesan tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

KESIMPULAN

Pesan berantai berisi Undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan dari Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan yang mengatasnamakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta adalah tidak benar. Faktanya, setelah dikonfirmasi, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menepis kabar tersebut dan masyarakat dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap pesan hoaks yang semakin marak saat ini.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta