[HOAKS] - RAZIA MASKER SERENTAK DI INDONESIA DENGAN MELIBATKAN KEJAKSAAN, POLISI DAN POM

Share :        
Rabu, 09 Sep 2020

DISINFORMASI

Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang berisi himbauan bahwa akan ada razia masker yang dilakukan oleh Kejaksaan, Polisi, POM, dll. Razia masker tersebut rencananya juga akan dilakukan di seluruh Indonesia dan akan menindak warga tak bermasker dengan denda Rp 250 ribu.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks, informasi yang beredar telah banyak di klarifikasi oleh beberapa media berita, salah satunya pada metro.tempo.com (08/09/2020), dengan judul artikel "Viral Polisi Akan Ikut Razia Masker, Polda Metro Jaya: Hoaks". 

Artikel tersebut menyebutkan bahwa Polda Metro Jaya membantah akan menurunkan kepolisian untuk melakukan razia masker di lapangan. Informasi polisi akan ikut melakukan razia masker sebelumnya viral di media sosial. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus memastikan polisi tak akan ikut razia masker seperti isi pesan viral tersebut. "Informasi tersebut tidak benar. Hoaks," kata Yusri saat dihubungi, Selasa, 8 September 2020.

Yusri mengatakan pihak kepolisian tidak memiliki kewenangan melakukan razia masker kepada masyarakat. Tugas tersebut, kata dia, merupakan kewenangan pemerintah daerah. "Kewenangan razia itu dari teman-teman Satpol PP. TNI dan Polri hanya mendampingi," kata dia.

KESIMPULAN

Informasi tentang pelaksanaan razia masker serentak di Indonesia dengan melibatkan Kejaksaan, Polisi dan POM, adalah tidak benar. Faktanya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus menepis kabar tersebut karena pihak kepolisian tidak memiliki kewenangan melakukan razia masker kepada masyarakat, melainkan kewenangan razia merupakan milik Satpol PP Pemprov DKI Jakarta sedangkan TNI dan Polri hanya mendampingi.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://metro.tempo.co/amp/1383946/viral-polisi-akan-ikut-razia-masker-polda-metro-jaya-hoaks
2. https://m.detik.com/news/berita/d-5159342/beredar-info-tak-pakai-masker-didenda-rp-250-ribu-polda-metro-hoax

3. https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/08/09/2020/viral-ada-razia-masker-serentak-dan-didenda-rp-250-ribu-polisi-hoax/

4. https://m.mediaindonesia.com/read/detail/343145-pesan-berantai-soal-razia-masker-serentak-polda-metro-hoaks

5. https://jakarta.suara.com/amp/read/2020/09/08/135454/begini-isi-pesan-hoaks-soal-razia-masker-serentak-oleh-polda-se-indonesia