[HOAKS] - PETA PERSEBARAN COVID-19 DI PROVINSI DKI JAKARTA SELURUHNYA BERWARNA ZONA MERAH DAN HITAM

Share :        
Jumat, 11 Sep 2020

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial yang menampilkan peta kondisi lima wilayah Provinsi DKI Jakarta yang seluruhnya berwarna zona merah dan hitam.

[HASIL PENELUSURAN]
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (12/08/2020) bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 hanya memetakan empat kategori zona wilayah terkait penyebaran Covid-19, yakni zona hijau, zona oranye, zona kuning, dan zona merah. Zona merah artinya kabupaten/ kota dengan tingkat risiko penyebaran Covid-19 yang tinggi, zona oranye berarti kabupaten/ kota dengan tingkat risiko penyebaran sedang, zona kuning berarti kabupaten/ kota dengan tingkat risiko rendah, dan zona hijau berarti kabupaten/ kota yang belum terdampak Covid-19.

Selengkapnya informasi harian tentang Peta Persebaran Kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi https://corona.jakarta.go.id pada kategori "Peta Persebaran". Pada laman tersebut juga terdapat pilihan "Download Data Harian di sini (Excel)" yang bila dibuka maka akan terhubung pada link https://riwayat-file-covid-19-dki-jakarta-jakartagis.hub.arcgis.com/, yang menyajikan "Riwayat File Covid-19 DKI Jakarta" dan dapat diunduh dalam bentuk rekap file excel harian.

KESIMPULAN
Informasi dalam foto yang menampilkan peta kondisi lima wilayah Provinsi DKI Jakarta yang seluruhnya berwarna zona merah dan hitam, adalah tidak benar. Selengkapnya informasi tentang Peta Persebaran Kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi https://corona.jakarta.go.id pada kategori "Peta Persebaran".

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran
2. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/08/12/10402061/hoaks-data-bin-tetapkan-jakarta-zona-hitam-covid-19?page=all#page2