[HOAKS] - PENERIMA VAKSIN COVID-19 PERDANA MENINGGAL DUNIA USAI DISUNTIK VAKSIN PFIZER

Share :        
Senin, 11 Jan 2021

DISINFORMASI
Beredar di media sosial sebuah link artikel berjudul “Innalilahi, Penerima Vaksin Perdana Meninggal Dunia Usai Disuntik Pfizer."

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, telah diklarifikasi dalam situs resmi covid19.go.id (09/01/2021) bahwa Margaret Keenan, orang yang pertama menerima suntikan vaksin Pfzier dari Inggris dalam kondisi baik. Wanita lansia yang berasal dari Inggris tersebut menerima vaksin Pfizer di usianya yang seminggu lagi menginjak 91 tahun, bertempat di University Hospital, Coventry, Inggris, pada tanggal 8 Desember 2020 lalu dan bahkan telah mendapatkan suntikan vaksin Pfizer untuk kedua kalinya, pada 29 Desember 2020.

Dilaporkan dalam liputan6.com (07/01/2020), National Health Service (NHS) Inggris mengatakan bahwa Keenan menjalani "booster jab" 21 hari kemudian "untuk memastikan bahwa ia memiliki kesempatan terbaik untuk dilindungi dari Virus Corona." Pihak rumah sakit menyatakan Keenan dalam kondisi baik setelah menerima suntikan vaksin keduanya. Diketahui bahwa dua dosis vaksin Covid-19 diperlukan untuk memberikan perlindungan terbaik.

Vaksinasi awal di Inggris diberikan di rumah sakit, tetapi peluncurannya kemudian meluas ke lokasi yang dipimpin oleh General Practitioner (GP) dan rumah perawatan - dengan lebih dari 600.000 orang telah menerima vaksinasi awal, menurut data dari Departemen Kesehatan Inggris.

"Staf kami yang bekerja keras telah terlibat dalam program vaksinasi tetap berkomunikasi dengan keluarga Margaret sejak hari itu dan kami senang bahwa ia terus dalam dengan baik di rumah setelah dipulangkan" ujar Kepala Eksekutif rumah sakit, Andy Hardy.

KESIMPULAN
Informasi bahwa penerima vaksin Covid-19 perdana meninggal dunia usai disuntik vaksin yang diproduksi Pfizer, adalah tidak benar. Faktanya, Margaret Keenan yang berusia 91 tahun adalah penerima vaksin Pfizer pertama dan kini masih hidup, bahkan telah menerima suntikan vaksin kedua pada 29 Desember 2020.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-penerima-vaksin-perdana-meninggal-dunia-usai-disuntik-vaksin-pfizer
2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4451402/cek-fakta-tidak-benar-penerima-vaksin-perdana-covid-19-dari-pfizer-meninggal-dunia
3. https://www.bbc.com/news/uk-55227325
4. https://www.suara.com/news/2020/12/08/183951/margaret-keenan-inilah-orang-pertama-yang-disuntik-vaksin-covid-19?page=all