[HOAKS] - PEMPROV DKI SIAPKAN DANA 160 MILIAR RUPIAH UNTUK BEBASKAN RIZIEQ SHIHAB

Share :        
Senin, 08 Mar 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook sebuah narasi yang menyebutkan bahwa dana 160 miliar rupiah yang seharusnya digunakan untuk penanggulangan banjir DKI Jakarta, malah digunakan untuk membebaskan Rizieq dari penjara Arab.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, seperti dilansir dari laman medcom.id (04/03/2021) klaim yang menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan dana ratusan miliar untuk membebaskan Rizieq Shibab adalah informasi yang salah. Informasi yang tepat adalah dana tersebut telah dialokasikan oleh Pemprov. DKI Jakarta untuk pembebasan lahan kawasan bantaran Sungai Ciliwung.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran sekitar 160 miliar rupiah untuk membebaskan 118 bidang tanah di sekitar sungai ciliwung. Pembebasan lahan ini adalah bagian dari upaya normalisasi sungai yang dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf mengatakan pihaknya memperkirakan ada 118 bidang lahan yang akan dibebaskan. Seluruhnya tersebar di Kelurahan Tanjung Barat, Pejaten Timur, Cililitan dan Balekambang.
 
Juaini menjelaskan, pihaknya akan mulai melakukan pembebasan lahan pada bulan Maret. Anggaran yang disiapkan juga disebutnya mencapai Rp 160 miliar.
 
Dijelaskan Juaini, anggaran yang sudah dipersiapkan tersebut juga memiliki kemungkinan bertambah jumlahnya. Nantinya setelah dilakukan pendataan ternyata lahan yang dibebaskan masih kurang, maka bidang tanahnya ditambah dan anggaran akan membengkak.

KESIMPULAN

Informasi mengenai dana penanggulangan banjir sebesar 160 miliar rupiah digunakan Pemprov DKI Jakarta untuk membebaskan Rizieq Shihab dari penjara Arab adalah tidak benar. Faktanya, dana tersebut merupakan dana yang dialokasikan untuk membebaskan 118 bidang tanah disekitar Sungai Ciliwung yang merupakan bagian dari upaya normalisasi sungai.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ybDVG8vK-cek-fakta-pemprov-dki-siapkan-dana-rp160-miliar-untuk-bebaskan-rizieq-shihab-ini-faktanya

2. https://www.suara.com/news/2020/01/13/212933/bakal-gusur-pemukiman-untuk-normalisasi-ciliwung-pemprov-siapkan-rp-160-m

3. https://wartakota.tribunnews.com/2020/01/04/pemprov-dki-siapkan-dana-rp-160-miliar-untuk-bebaskan-lahan-di-4-wilayah-di-sekitar-sungai-ciliwung

4.https://archive.fo/RAb8o