[HOAKS] - MAKAN BUAH SAAT PERUT KOSONG SEMBUHKAN KANKER

Share :        
Sabtu, 05 Sep 2020

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp berjudul "Makan Buah Saat Perut Kosong", yang memuat info kesehatan untuk anak agar tidak terkena penyakit kanker. Informasi dalam pesan diklaim berasal dari dua orang Dokter yaitu Dr Stephen Mak dan Herbert Shelton, antara lain tentang: tips makan buah yang tepat, dahsyatnya buah-buahan, efek salah makan buah, buah umur panjang dan sehat, bahaya buah yang dipanaskan atau dimasak, terapi buah tiga hari berturut-turut tanpa nasi dan lauk, serta bahaya minum air dingin setelah makan sebagai pemicu kanker.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai tersebut telah diklarifikasi dalam situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (02/10/2019) sebagai hoaks.

Dijelaskan bahwa setelah ditelusuri lebih lanjut, makan buah-buahan dalam kondisi perut kosong tidak terbukti bermanfaat menyembuhkan kanker. Sementara dua orang dokter yang ditengarai memberikan informasi yang beredar tersebut bukanlah dokter yang sesungguhnya.

Dalam situs hoaxes.id (27/02/2017), dilaporkan bahwa informasi yang menyebutkan tentang makan buah saat perut kosong dapat menyembuhkan kanker adalah hoaks dan bertentangan dengan fakta medis. Pesan tersebut muncul dari sebuah artikel lama di situs epicureanworld.com.sg yang ditulis pada tahun 1998 oleh Devagi Sanmugam, koki dan penulis kuliner yang tinggal di Singapura dengan judul artikel: “We all think eating fruits means just buying fruits… “. Namun dalam artikel tidak disebutkan nama Dr Stephen Mak (namun menyebutkan nama Dr Herbert Shelton) dan tidak mengatakan menyembuhkan kanker, serta juga tidak menyebutkan tentang daftar buah-buahan – diet sehat yang disarankan selama 3 hari untuk membersihkan atau detoksifikasi tubuh.

Selain itu juga ditemukan fakta bahwa Herbert M Shelton bukan seorang dokter, melainkan seorang naturopath Amerika, advokat pengobatan alternatif, dan penulis. Ia pernah beberapa kali ditangkap dan dipenjara juga didenda atas beberapa tuduhan, seperti praktek kedokteran tanpa lisensi.

KESIMPULAN
Informasi dalam pesan berantai berjudul "berjudul "Makan Buah Saat Perut Kosong", adalah tidak benar. Faktanya, makan buah-buahan dalam kondisi perut kosong tidak terbukti bermanfaat menyembuhkan kanker dan dua orang dokter yang ditengarai memberikan informasi yang beredar tersebut bukanlah dokter yang sesungguhnya.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber fakta:
1. https://www.kominfo.go.id/content/detail/21904/hoaks-makan-buah-saat-perut-kosong-menyembuhkan-kanker/0/laporan_isu_hoaks
2. https://www.hoaxes.id/2017/02/makan-buah-saat-perut-kosong-dapat-menyembuhkan-kanker-hoax.html
3. https://www.hoaxorfact.com/health/eating-fruits-on-empty-stomach-cures-cancer-and-other-health-issues-hoax.html