[HOAKS] - KLAIM ASAP TEMPURUNG KELAPA DAPAT MENYEMBUHKAN PASIEN COVID-19

Share :        
Rabu, 13 Jan 2021

DISINFORMASI

Beredar sebuah link berita media elektronik melalui aplikasi WhatsApp dan media sosial mengenai klaim penemuan asap tempurung kelapa yang dapat menyembuhkan pasien positif Covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim JalaHoaks, seperti yang dilansir dari laman faktualnews.co (11/01/2021), dr. Samuel P.K. Sembiring menyatakan, "Covid-19 ini kan self limiting disease atau bisa dikatakan sembuh sendiri. Jadi Covid-19 bisa sembuh sendiri berkat daya tubuh kita bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi." dr. Samuel juga mengklaim ada pasien yang sembuh itu bukan karena mengkonsumsi asap batok kelapa yang dikondensasi, tetapi karena daya tahan tubuh pasien itu sendiri.

Masyarakat diminta waspada soal maraknya klaim makanan atau minuman yang disebut bisa mencegah atau menyembuhkan Covid-19, ujar dr. Samuel. “Jika memang sudah diberikan izin dari BPOM, pastikan edarnya sebagai apa, benarkah obat atau hanya makanan dan minuman, ini jelas dua hal yang sangat berbeda.” Ujar dr. Samuel. Ia juga mengingatkan bahwa satu-satunya pengobatan terbaik adalah dengan mencegah, termasuk pencegahan penyakit Covid-19.

“Pengobatan pasien Covid-19 saat ini hanyalah suportif sesuai dengan gejala pasien saja, yang jelas menjalankan protokol kesehatan merupakan cara terbaik untuk mencegah Covid-19.", ujar dr. Samuel.

KESIMPULAN

Informasi dan berita yang beredar melalui aplikasi WhatsApp dan media sosial mengenai penemuan asap tempurung kelapa dapat menyembuhkan pasien yang positif Covid-19 adalah tidak benar. Faktanya hingga saat ini belum tersedia obat yang teruji secara klinis menyembuhkan Covid-19.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Daftar url/ link fakta hasil penelusuran: 

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4454097/cek-fakta-tidak-benar-asap-batok-kelapa-merupakan-obat-covid-19

2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-asap-batok-kelapa-bisa-menjadi-obat-covid-19.html

3. https://makassar.terkini.id/cek-fakta-benarkah-asap-batok-kelapa-yang-dikondensi-bisa-sembuhkan-pasien-covid-19/