[HOAKS] - FOTO MOBIL BERWARNA HITAM HANYUT TERSERET BANJIR DI JAKARTA

Share :        
Senin, 22 Feb 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial Facebook yang memperlihatkan peristiwa mobil berwarna hitam hanyut terseret banjir di Jakarta. Narasi pada unggahan foto menyebutnya sebagai wisata arung jeram gratis untuk warga dari Gubernur Anies Baswedan.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam medcom.id (21/02/2021) bahwa foto peristiwa  banjir tersebut bukan terjadi di wilayah Provinsi DKI Jakarta, melainkan di Kota Tangerang Banten, tepatnya di Perumahan Ciledug Indah 1.

Selain itu peristiwa banjir yang terjadi pada tahun 2020 di Kota Tangerang, Banten tersebut, pernah diunggah pada kanal Youtube bolank channel pada 1 Januari 2020, dengan judul "#banjir? #ciledugindah1? Banjir Di Perumahan Ciledug Indah 1,Mobil dan Motor Terbawa Arus."

KESIMPULAN
Informasi tentang sebuah foto yang memperlihatkan peristiwa mobil berwarna hitam hanyut terseret banjir di Jakarta, adalah tidak benar. Faktanya, peristiwa dalam foto tersebut bukan terjadi di wilayah Provinsi DKI Jakarta, melainkan di Kota Tangerang Banten, tepatnya di Perumahan Ciledug Indah 1 pada tahun 2020.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzZ8VYb-cek-fakta-foto-mobil-hanyut-terseret-banjir-ini-faktanya
2. https://banten.suara.com/read/2020/01/01/195752/mobil-mobil-di-ciledug-indah-tangerang-hanyut-terbawa-arus-banjir
3. https://www.liputan6.com/news/read/4146352/video-banjir-tangerang-detik-detik-mobil-hanyut-di-ciledug-indah
4. https://www.youtube.com/watch?v=sstVyhY4e-0