[HOAKS] - AKUN FACEBOOK MENGATASNAMAKAN WALI KOTA JAKARTA SELATAN, MARULLAH MATALI

Share :        
Senin, 30 Nov 2020

DISINFORMASI

Beredar sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali. Akun yang disertakan sebuah tangkapan layar berupa isi pesan yang seolah-olah itu akun Facebook aslinya. 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, Akun Facebook Wali Kota Jakarta Selatan “Marullah Matali” telah beredar dengan beberapa alamat link yang berbeda.

Dilansir dari turnbackhoax.id (19/10/2020), dalam judul artikel "[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Jakarta Selatan “Marullah Matali”, diinformasikan bahwa Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali yang memposting seolah-olah itu akun Facebook aslinya tidak hanya satu, dua akun Facebook bergambar profil sama pun beredar yang salah satu pengikutnya 3656 orang.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, telah mengonfirmasi melalui akun Instagram pribadinya menyatakan informasi tersebut tidak benar, dan sebelumnya pernah terjadi 26 Agustus 2020 lalu.

“Muncul lagi dua (2) Akun facebook ini mengatasnamakan saya (Marullah Matali/Wali Kota Jakarta Selatan) dan memposting gambar-gambar seolah-olah itu Wali Kota Jakarta Selatan.

Akun ini saya nyatakan palsu dan dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan saya (Marullah Matali/ Wali Kota Jakarta Selatan).

Dimohon kepada yang sudah add friend untuk segera me-unfriend dan segala aktifitas akun tersebut di luar tanggung jawab saya.

Terimakasih atas perhatiannya.”

Dua akun Facebook palsu masing-masing dibuat pada tanggal 27 Agustus 2020 dan 10 September 2020. Dikutip dari tribunnews Jakarta, sebelumnya Marullah pernah mengalami hal serupa pada 26 Agustus lalu. Bahkan ia sempat melaporkan pencatutan namanya di Facebook ke Polres Metro Jakarta Selatan.

KESIMPULAN

Akun Facebook Wali Kota Jakarta Selatan mengatasnakaman “Marullah Matali” adalah tidak benar. Faktanya, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, telah mengonfirmasi melalui akun Instagram pribadinya menyatakan informasi itu tersebut tidak benar, dan sebelumnya pernah terjadi 26 Agustus 2020 lalu dengan beberapa alamat link yang berbeda.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:

1. https://turnbackhoax.id/2020/10/19/salah-akun-facebook-wali-kota-jakarta-selatan-marullah-matali/
2. https://www.google.co.id/amp/s/jakarta.tribunnews.com/amp/2020/10/18/nama-wali-kota-jakarta-selatan-marullah-matali-dicatut-di-facebook
3. https://www.instagram.com/p/CGejUPoJHTf/?igshid=6smcrkdxqv