[HOAKS] - AA GYM KOMENTARI ANIES SOAL BANJIR

Share :        
Senin, 22 Feb 2021

DISINFORMASI

Beredar di media sosial, sebuah tangkapan layar yang menyandingkan status yang diunggah oleh Aa Gym dengan sebuah foto yang berisi beberapa penghargaan yang diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Adapun status yang diunggah oleh Aa Gym adalah sebuah komentar untuk pemimpin Jakarta soal banjir.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam cekfakta.com (19/02/2021), tangkapan layar tersebut diunggah oleh akun bernama Kosim Ra.a dengan keterangan bahwa maksud cuitan yang diunggah Aa Gym melalui akun Twitternya tersebut menyinggung Gubernur DKI Jakarta saat ini yaitu Anies Baswedan.

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa foto cuitan Aa Gym dan Anies Baswedan tersebut tidak ada hubungan. Adapun waktu cuitan tersebut diunggah yaitu pada tahun 2017 dan telah dihapus sejak lama.

Selain itu, telah diklarifikasi melalui website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (21/02/2021) tentang Tweet Aa Gym komentari kinerja Anies Baswedan terkait penanganan banjir adalah keliru.

KESIMPULAN

Informasi tentang Aa Gym komentari Anies soal banjir, adalah salah. Faktanya, foto cuitan Aa Gym dan Anies Baswedan tersebut tidak ada hubungan. Adapun waktu cuitan tersebut diunggah yaitu pada tahun 2017 dan telah dihapus sejak lama.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:

1. https://cekfakta.com/focus/6380

2. https://kominfo.go.id/content/detail/32843/disinformasi-tweet-aa-gym-komentari-kinerja-anies-baswedan-terkait-penanganan-banjir/0/laporan_isu_hoaks

3. https://www.suara.com/news/2019/12/18/110530/jakarta-banjir-cuitan-lawas-aa-gym-ramai-diungkit

4. https://www.google.co.id/amp/s/www.kompas.tv/amp/article/149269/videos/beredar-cuitan-aa-gym-soal-banjir-jakarta-kominfo-tidak-berkaitan-itu-unggahan-tahun-2017